Bangunan Hijau di Indonesia Terbaik yang dilengkapi dengan Genset

Bangunan Hijau di Indonesia Terbaik yang dilengkapi dengan Genset. Dengan adanya genset tak perlu khawatir akan pemadaman listrik. sehingga semua aktivitas di kantor tetap bisa berjalan. Untuk mendapatkan harga genset murah bisa memesannya melalui Suplier Jual Genset Bali yang memberikan garansi resmi serta potongan harga.

Bangunan-bangunan ini telah diakui oleh GBC Indonesia sebagai bangunan hijau yang telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Menara BCA, Grand Indonesia, Jakarta

Peringkat yang dicapai: Gold. Periode April 2013 – April 2016

Gedung ini mampu menghemat konsumsi energi listrik sebesar 35%, ini setara dengan penurunan emisi gas karbon dioksida (CO2) sebesar 6.360 ton per tahun. Hampir semua lampu menggunakan LED, sehingga hemat listrik hingga 70%. Gedung ini juga memiliki parkir sepeda, shower bagi pesepeda yang ingin membersihkan badan. Mereka juga menambahkan aerator (perangkat untuk mengurangi konsumsi air) pada wastafel, alat pengukur kualitas udara, pengolahan air wudhu sebagai bahan outdoor AC, dan masih banyak fasilitas ramah lingkungan lainnya.

Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB)

Peringkat yang dicapai: Gold. Periode April 2013 – April 2016

ITSB menerima sertifkat Green Building berkat konsumsi energinya yang berada di bawah rata-rata. Mereka juga memiliki ruang terbuka hijau, menerapkan sistem yang membuat air buangan tidak langsung dibuang ke tanah—melainkan ditampung—sehingga dapat diserap oleh sumur resapan. Faktor lainnya adalah taman rambat yang tumbuh vertikal dengan sistem penyiraman melalui pipa dan sirkulasi udara yang baik pada ruang kuliah.

Kementerian Pekerjaan Umum (PU)

Peringkat yang dicapai: Platinum. Periode Agustus 2013 – Agustus 2016

Gedung Kementerian Pekerjaan Umum berhasil didaulat sebagai bangunan pemerintah pertama yang memiliki sertifkat Greenship dengan level Platinum. Berkat usaha dan komitmen yang kuat, Gedung Kementerian PU berhasil memenuhi kriteria yang telah ditetapkan GBC Indonesia, mulai dari desain/ rancangan hingga proses konstruksi dan manajemen bangunan setelah gedung selesai terbangun.

Gedung Sampoerna Strategic Square (SSS), PT. Buana Sakti, Jakarta

Peringkat yang dicapai: Gold. Periode September 2012 – September 2015

Penerapan green building yang dilakukan oleh SSS antara lain melalui penggantian alat khususnya untuk water fxture, dan melakukan pengolahan air yang hasilnya akan digunakan pada tanaman dan coolin tower. Manajemen sampah pun dipisahkan antara sampah organik, anorganik, dan berbahaya. Selain itu diberlakukan peraturan “Area Bebas Asap Rokok” untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, dan pembentukan green team dalam manajemen gedung untuk memastikan bahwa ftur-ftur green building ini terus berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *