Bangunan Hijau di Indonesia yang dilengkapi Genset

Bangunan Hijau di Indonesia yang dilengkapi Genset. Dengan adanya genset, semua aktivitas di kantor tetap dapat berjalan. Harga genset yang murah bisa didapatkan melalui Distributor Jual genset Surabaya. Satu satunya dalah Rajawali Indo yang memberikan potongan harga serta garansi resmi.

Isu pemanasan global merebak, tuntutan bangunan hijau pun diberlakukan di seluruh dunia. Bagaimana dengan Indonesia? Gedung tinggi melimpah ruah di Indonesia, terutama Jakarta. Hal ini membuat Jakarta menjadi salah satu ibukota yang memiliki gedung pencakar langit terbanyak di dunia.

Tapi, ketika isu pemanasan global dan perubahan iklim merebak, dunia pun menuntut para pelaku profesional (arsitek, desainer, engineer kontraktor), dan pengembang untuk memenuhi syarat bangunan hijau ramah lingkungan. Menjawab tuntutan pasar global tersebut, konsep bangunan hijau pun diberlakukan. Imbasnya, para empunya gedung berlomba-lomba menciptakan bangunan ramah lingkungan untuk membantu menyelamatkan bumi. Indonesia menjadi salah satu negara yang mewajibkan hal ini.

Tapi, apa sebenarnya makna bangunan hijau? Bangunan hijau adalah bangunan ramah lingkungan yang mampu menghemat listrik, air, bahan baku, dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Erlyana Anggita Sari, Public Relation & Government Green Building Council (GBC) Indonesia menegaskan bangunan memberikan kontribusi sebesar 33,3% dari total emisi gas rumah kaca, sehingga upaya penurunan emisi tersebut merupakan sesuatu yang wajib dilakukan dan tidak dapat ditawar lagi.

GBCI pun memiliki standar dan syarat yang harus dipenuhi untuk dapat menghasilkan sebuah bangunan hijau. “GBCI memiliki visi dan misi agar bangunan hijau menjadi suatu konsep awam dan diterapkan di setiap bangunan di Indonesia. Kami bekerjasama dan meminta dukungan dari semua stakeholders (pemerintah, industri, para profesional–arsitek, desainer, engineer), kontraktor, pengembang, akademisi, dan masyarakat awam untuk membuat suatu national blueprint untuk skema bangunan hijau,” ujar Erlyana.

Salah satu program GBCI adalah memberikan Sertifkasi Bangunan Hijau di Indonesia berdasarkan perangkat penilaian khas Indonesia yang disebut Greenship. Tingkatan sertifkat itu antara lain bronze (terendah), silver (setingakat di atas bronze), gold (setingkat di atas silver), dan platinum (tingkat tertinggi bangunan hijau). Lalu apa saja perangkat penilaian tersebut? Dan gedung-gedung apa saja itu? Berikut ulasannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *