Keluhan Setelah Proses Sesar

Kebal Di Bekas Sayatan

sat-jakarta.com – Umumnya, Mama akan merasa kebal di bekas sayatan operasi. Ini disebabkan sayatan memutus serabut saraf di daerah tersebut. Jadi, wajar saja ya, Mam. Dalam kurun waktu proses penyembuhan luka, yaitu antara 6-12 bulan, rasa kebal dapat segera menghilang bersamaan dengan proses tersambungnya kembali serabut sarafnya. Sehingga tak perlu risau, rawat saja luka dengan baik agar lebih cepat sembuh.

Baca juga : kursus IELTS terbaik di Jakarta

Gatal Serta Nyeri Pada Bekas Jahitan

Ketika operasi, tujuh lapis dinding pada bagian perut dibuka lalu kemudian ditutup kembali dengan cara dijahit. Wajar saja jika kemudian muncul rasa nyeri, karena dinding pada bagian perut yang dijahit sedang melakukan proses penyembuhan. Di sisi lain, akan mungkin muncul jaringan parut yang bisa menyebabkan menimbulkan rasa nyeri.

Tip Mengatasi: Hindari melakukan aktivitas yang dapat menekan dinding perut cukup berat, seperti: mengangkat beban berat, posisi tidur yang salah, melakukan gerakan cepat, dan lainnya setidak nya sampai jahitan kering dan dokter mengizinkan Mama melakukan aktivitas-aktivitas yang cukup berat. Jika rasa nyeri mengganggu, muncul nanah, atau area jahitan terlihat tidak normal, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk penangan an lebih lanjut.

Sedangkan gatal, mungkin disebabkan infeksi, semisal infeksi jamur dengan muncul peradangan yang ditandai oleh kemerahan di kulit, cairan, terasa panas, juga nyeri jika ditekan. Berkonsultasilah ke dokter untuk penanganan. Gatal juga dapat diakibatkan dari reaksi kulit yang terlalu berlebihan. Tanda nya: kulit menebal dan mengeras hingga muncul keloid. Mama dapat mengusapnya untuk meredakan gatal serta hindari memakai celana ketat yang dapat mengakibatkan gesekan pada jahitan.

Jahitan Terbuka

Selama tiga bulan pertama, kondisi jahitan belum sembuh benar, sehingga rawan terbuka. Penyebabnya: dapat dikarena teknik penjahitan yang tidak sempurna, perawatan luka yang tidak bagus sehingga muncul infeksi reaksi tubuh yang berlebihan,, atau ada trauma. Jahitan yang terbuka dikhawatirkan terserang infeksi. Sebaiknya, ketika sebelum memulai proses operasi dilakukan, mintalah pada dokter untuk menggunakan jenis benang jahit yang berkualitas dan menjalankan operasi yang terbaik. Setelah proses operasi, Mama harus merawat luka dengan sebaik mungkin sesuai dengan anjuran dokter, mengejan terlalu keras, tidak melakukan gerakan cepat, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *